Rabu, 20 Januari 2016

Wisuda


Tadi kebetulan aku harus ke kampus untuk mengurus sertifikat PPSMB. Dan tidak sengaja ternyata hari ini bertepatan dengan hari widusa pascasarjana dan wisuda dokter spesialis. Baju toganya beda sih, dan tampak somehow lebih gloomy karena ada juntaian kain tambahan di belakang leher. Suasana wisuda mereka amatlah berbeda dengan suasana wisuda S1 dan vokasi. Banyak dari kalangan keluarga wisudawan-wisudawati, dan juga krucil-krucilnya. Maklum saja mereka sudah berumur lebih dari kami yang masih S1 ini. Tidak banyak orang lah pokoknya, dan mungkin karena tidak banyak orang itulah tiba-tiba aku merasa tertegun. Deg. That sacred event... Wisudaaa oh men!! Bukan masalah saya baper mengenai wisuda pascasarjana saya akan dihadiri oleh siapa kelak, not thaat for sure.  It is really heart-touching moment. Pemandangan tersebut membuat saya terharuuu. Wisuda is not just a symbolic ceremony. Maknanya amatlah dalam. Wisuda merupakan saat-saat mereka (para mantan mahasiswa) dilepas ke masyarakat untuk menerapkan amanah ilmu yang telah mereka terima di bangku kuliah mereka. Nilai amanahnya besar, dimana setelah itu akan ditentukan kebermanfaatan ilmu mereka bagi khalayak. Tak terasa ada sedikit bulir air mata  bertengger di ujung mata. Teringat akan amanah yang diemban dari ilmu yang saya dapat ini. Maaf yaa. Hanya saja, saya sedang sedikit merasa diingatkan lagi untuk amanah yang akan diembankan pada profesi saya kelak. Ya Allah, semoga Allah senantiasa membuat saya ingat untuk apa ilmu ini saya dapatkan.

Yogyakarta, 19 Januari 2016
Lima bulan sebelum wisuda S1 insyaAllah

Revisi, 11 Maret 2016
Dua bulan sebelum wisuda S1, insyaAllah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar